Pages

Sabtu, 11 Agustus 2012

Memperbaiki Komputer Yang Terkena Virus

sebelumnya saya sudah membahas tentang hal ini, namun pada kesempatan kali ini saya mendapat hal baru tentang bagaimana cara memperbaiki komputer yang telah terlanjur terinfeksi oleh virus.
pada postingan sebelumnya yang bisa anda baca disini, saya membahas tentang bagaimana menanggulagi trojan W32.Sality.Y (cara-cara membasminya dapat diikuti untuk menghilangkan virus yang lainnya) saya mencoba menggunakan antivirus portabel atau menscan harddisk komputer yang terinfeksi dengan menggunakan komputer lain (tentunya antivirusnya yang update), namun adakalanya cara-cara tersebut di atas tidak mampu menghilangkan virus yang ada di komputer kita.
Baru-baru ini (kemarin –03 Feb 2011) komputer yang sering saya gunakan terkena virus yang mengacaukan interface (tepatnya kursor menjadi hilang dan sebagian antar muka Windows menjadi hilang), hal yang paling mudah adalah dengan menginstall ulang komputer, namun pilihan tersebut saya kesampingkan karena terlalu banyak waktu yang harus dibuang untuk melakukan hal tersebut (harus backup data dulu, harus install ulang –1 jam- install program pokok yang sering digunakan, install driver MB, install driver modem, dan mengembalikan backup data ke my document, dan lain sebagainya).
Lalu saya terpikir untuk menggunakan cara lain, Nah cara yang baru ini yang lumayan menghemat waktu saya. Mau tau caranya ikut saja tulisan ini sampai selesai.
Langsung saja ke pokok pembahasan yakni cara memperbaiki komputer yang telah terlanjur terinfeksi atau terkena virus dan tidak memerlukan bantuan komputer lain (kecuali bila virus tersebut membuat kita tidak bisa masuk ke Windows.
Cara Memperbaiki Komputer yang terlanjur terkena Virus :
1. Persiapkan dulu CD kosong, yang nantinya akan digunakan sebagai CD Boot Antivirus, atau bila motherboard anda support booting dari Flashdisk anda dapat menggunakan Flashdisk.
2. Download Antivirus yang disediakan untuk CD atau  Flashdisk (daftar link download ada di bawah)
3. Bakar/Burn Image (ISO) dari antivirus Live CD tersebut ke dalam CD, gunakan komputer lain bila tidak dapat dilakukan dalam komputer sendiri.
4. Bila telah selesai, restart komputer yang terinfeksi virus, kemudian atur BIOS komputer anda sehingga yang pertama kali di baca oleh komputer adalah CD atau Flashdisk (biasanya dalam pengaturan Advances Setting BIOS) atur CD/Flashdisk menjadi First Boot.
5. Simpan settingan tersebut, kemudian masukkan CD atau Flashdisk yang telah kita Bakar atau kita masukkan ke dalamnya Antivirus Live CD/Rescue CD.
6. Kemudian ikuti saja perintah untuk masuk ke CD/Flashdisk tersebut, sehingga ada perintah Scan komputer yang terkena virus (jadi sistem operasi berjalan pada CD/Flashdisk, bukan pada Harddisk) sesuai dengan antivirus Live CD/Rescue CD yang anda gunakan.
7. Menurut pengalaman penulis cara ini cukup ampuh untuk menghilangkan Virus tanpa perlu menginstall ulang Windows anda dan tentunya akan menghemat waktu anda.

Berikut alamat-alamat Antivirus Live CD :
- Avira AntiVir Rescue System (pilih yang ISO)
- DR. Web Live CD (pilih yang ISO)
- F-Secure Rescue CD
- Kaspersky Rescue Disk
* rata-rata ukuran file tersebut adalah 150 MB s.d 250 MB

Sekian  dan terima kasih …..

1 komentar:

Blogger news

Blogroll

About