Pages

Kamis, 28 Juni 2012

Membuat Formulir Pendaftaran Online dgn Memanfaatkan Google Docs dan Tiny URL

Google Docs? Apa itu Google Docs? Bagi yang belum tau, Google Docs merupakan sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk keperluan perkantoran, seperti mengolah kata (seperti microsoft word), pengolah data spreadsheet (seperti microsoft excel), mengolah persentasi (seperti microsoft power point) dan pengolah dataset (seperti microsoft access). Namun yang berbeda adalah, Google Docs berjalan diatas website! Yup tanpa harus menginstallnya kita bisa menjalankan Google Docs. Tiny URL? Tiny URL merupakan website yang menyediakan solusi sebagai pemendek url website. Misal saja jika kita memiliki URL website yang panjang sekali, kita dapat memendekkannya mengugnakan Tiny URL, misal URL :
dapan diubah oleh Tiny URL menjadi :
Latar Belakang
Seandainya kita sedang membuat acara, lalu memerlukan data peserta yang akan mengikuti acara tersebut, pastinya kita harus membuka sebuah pendaftaran. Jika kita menggunakan cara manual, mungkin kita bisa meminta para peserta untuk datang dan mengisi formulir pendaftaran, dan jika jika menggunakan cara modern, kita bisa membuat sebuah website, lalu membuat form pendaftarannya berbasiskan website.
Cara manual, sangatlah memakan waktu, pertama harus ada yang menerima pendaftaran dan yang pasti belum tentu peserta mau untuk datang :D Sedangkan cara membuat website sangat memakan biaya, pertama harus membuat website, harus buat database untuk menampung datanya dan harus ada yang mengurus website tersebut :D Lantas bagaimana solusinya?
Google Docs adalah salah solusi untuk permasalahan ini. Dengan Google Docs, kita dapat membuat Formulir secara cepat, tanpa harus membuat website, database dan sebagainya. Hanya dengan bermodalkan memiliki akun Google, maka siapapun dapat dengan mudah menggunakan Google Docs. Selain itu data yang ditampung menggunakan Google Docs dapat diunduh menjadi file OpenOffice, Microsoft Office dan lain-lain…
Lantas Untuk apa Tiny URL
Membuat Formulir Menggunakan Google Docs
Pertama saya anggap anda memiliki akun Google, jika tidak punya anda bisa mendapatkannya hanya dengan daftar ke Google Mail. Sekarang tinggal masuk ke halaman website Google Docs :
Setelah itu masukkan username email dan password GMail kita, setelah sukses, maka akan terlihat tampilan seperti yang dibawah ini :
Sekarang kita buat sebuah form untuk formulir pendaftaran. Caranya lewat menu Create New -> Form, setelah itu akan muncul pengolah Form, kita hanya butuh mengubah tampilan form, dan komponen-komponen apa saja yang diperlukan sebagai input untuk data pendaftaran :
Jika telah selesai, tekan tombol Save untuk meyimpan perubahan. Lantas bagaimana cara tampilan Form nya? TInggal klik Link yang berada di bagian bawah pengolah Form, misalnya pada gambar diatas linknya adalah :
https://docs.google.com/spreadsheet/viewform?formkey=dGRBU1ZhX1QyVDhPN3BfUmxoZ2llMFE6MQ
Hasil formulis yang saya buat misalnya seperti dibawah ini :
semoga bermanfaat

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About