Pages

Sabtu, 21 Januari 2012

12 Tips Cara Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama








Printer merupakan barang yang penting. Tanpa printer kita tidak bisa mencetak hasil pekerjaan kita. Namun sayangnya, seringkali para pengguna komputer mengabaikan perawatan printer sehingga menyebabkan printer pun cepat rusak. Agan-Agan pasti merasa kesal dan  kalau hanya beberapa bulan atau baru setahun saja printer tersebut sudah rusak. Jika printer sudah rusak maka kita sendiri juga yang akan dirugikan ketika kita harus dikejar-kejar oleh deadline pekerjaan, tugas sekolah atau mungkin tugas skripsi.

Beberapa tips berikut mungkin dapat membantu Anda dalam merawat printer:

1. Gunakan printer secara periodik
Agar kualitas cetakan tetap optimal, gunakanlah printer Anda secara periodik sedikitnya 2-3 kali seminggu. Hal ini akan membuat aliran tinta dari lubang tetap lancar. Jika anda tidak sering menggunakan printer dalam jangka waktu lama, maka usahakan anda tetap menyalakan printer secara berkala agar membuat tinta tetap encer, karena bila tinta menjadi kering maka hal tersebut dapat merusak head printer.
 



2. Matikan printer saat tidak digunakan
Jangan lupa untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan untuk mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam printer head. Saat mematikan printer, sebaiknya jangan langsung mencabut kabel power tetapi gunakan tombol on/of agar adaptornya awet.



3. Bersihkan kotoran yang ada dalam printer
Setiap satu atau dua minggu, bersihkan bagian dalam printer. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga kemampuan printer dalam mencetak. Jangan simpan printer di tempat yang berdebu atau penuh serangga. Bila perlu, bungkus printer dengan plastik agar terhindar dari kotoran.
 



4. Berilah Gemuk / Pelumas
Sesekali setelah dibersihkan berilah gemuk atau pelumas pada bagian poros tempat head printer atau catridge agar bisa bergerak dengan lancar. Dengan lancarnya pergerakan dari head printer atau catridge, diharapkan bisa menjaga kondisi printer tetap baik dan akhirnya printer menjadi lebih awet



5. Jagalah kondisi cartridge
Karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.
 



6. Gunakanlah Tinta yang Asli
Harga catride yang asli memang lebih mahal apabila dibandingkan dengan kemasan refill tetapi apabila printer yang anda gunakan juga tidaklah murah, dan kualitas cetakan merupakan hal yang utama maka lebih baik gunakan selalu tinta original.
 


7. Bersihkan Tempat Pembuangan Limbah Tinta

Untuk printer yang sering digunakan, sesekali periksalah kodisi tempat penampungan limbah (waste ink tank) yang terdapat didalam printer. Jagalah jangan sampai luber dan mengotori printer Anda.
 



8. Gunakan Diagnostic Tools
Apabila terdapat masalah pada hasil cetakan printer, gunakanlah diagnostic tools yang biasanya terdapat dalam menu maintenance printer. Jalankanlah perintah seperti cleaning nozzle, print head alignment, roller cleaning dll sebagai salah satu cara untuk me-maintenace dan merawat printer Anda.
 



9. Saat terjadi Paper Jammed (Kertas Macet)
Jika terjadi paper jam, atau kertas tersangkut di dalam printer ketika mencetak maka jangan pernah menariknya dengan paksa. Hal ini dikarenakan dapat menyebabkan sisa-sisa kertas yang tertinggal didalam printer, tetapi tariklah dengan pelan-pelan. 


10. Matikan printer jika gagal mencetak
Terkadang, kegagalan dalam mencetak bisa diatasi dengan mematikan tombol printer, kemudian mencabut kabel daya. Setelah sekitar sepuluh menit, masukkan lagi kabel daya tersebut pada colokannya, nyalakan printer dan cobalah mencetak kembali.
 



11. Segera isi ulang tinta jika sudah habis
Jika tinta Printer sudah habis, segeralah mengisi ulang tinta karena jika terlambat dapat menyebabkan headnya kering, dan jika hal ini dipaksakan untuk ngeprint dapat menyebabkan cartridgenya rusak.



12. Cara mengisi ulang tinta printer
Jika akan mengisi ulang tinta printer, maka ada cara yang khusus yang harus anda lakukan, yaitu setelah cartridge printer dalam keadaan siap untuk disis maka cabutlah kabel power printer, kemudian baru mengisi tinta. Kemudian setelah terisi masukkan lagi cartridge tinta kedalam tempatnya, baru kemudian printer dinyalakan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat lakukan untuk merawat printer agar tetap awet dan tahan lama serta kualitas cetakan pun tetap terjaga. Semoga bermanfaat..


sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?p=280934468

semoga bermanfaat bagi diri anda, keluarga dan orang2 yang membutuhkannya.. amine..

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About